Perbedaan lisensi sekolah pilot PPL dengan CPL dan IR dengan MER

Perbedaan lisensi sekolah pilot PPL dengan CPL dan IR dengan MER

  30 Aug 2018

Menerbangkan pesawat juga membutuhkan ijin tertentu, dimana ijin tersebut terdiri dari beberapa tingkatan. Dalam dunia penerbangan ijin-ijin tersebut dikenal dengan sebutan PPL, CPL, IR, dan MER. Semua ijin tersebut bisa didapatkan secara langsung bersamaan dan bisa juga didapat satu per satu tergantung kemampuan pilot. Membutuhkan kemampuan khusus dan biaya yang mahal untuk bisa mendapatkan semua lisensi sekaligus. Semua ijin tersbeut memiliki tingkatan dan perbedaannya sendiri. Perbedaan lisensi sekolah pilot PPL dengan CPL dan IR dengan MER adalah:

  1. PPL (Privat Pilot License)

Lisensi ini memungkinkan pilot untuk menerbangkan pesawat, tapi hanya di siang hari saja. Pesawat yang diterbangkan juga hanya pesawat kecil untuk rekreasi dan tidak dibayar. Pilot yang hanya memiliki lisensi ini tidak bisa dipekerjakan untuk operator penerbangan atau maskapai penerbangan apapun. Pilot hanya bisa menerbangkan pesawat pribadi yang berukuran lebih kecil.

  1. CPL (Commercial Pilot License)

Lisensi ini bisa diambil setelah PPL oleh seorang pilot. Ketika pilot memiliki lisensi ini maka ia bisa bekerja untuk maskapai penerbangan karena bisa menerbangkan pesawat komersial. Namun, jam terbang pilot tersebut hanya bisa dilakukan di siang hari saja. Berbeda dengan PPL, pilot yang memiliki CPL bisa melakukan penerbangan untuk dibayar atau digaji.

  1. IR (Intrument Rating)

IR merupakan lisensi yang lebih tinggi dari pada CPL. Jika CPL hanya bisa menerbangkan pesawat di siang hari, maka dengan memiliki ijin IR, seorang pilot bisa terbang di malam hari. Ia juga bisa terbang dalam kondisi cuaca tertentu seperti berkabut atau mendung.

  1. MER (Multi Engine Rating)

MER adalah lisensi paling tinggi untuk seorang pilot. Lisensi ini adalah izin untuk menerbangkan pesawat bermesin ganda, dimana pesawat jenis ini lebih cepat dari pada pesawat lainnya. Selain itu mengemudikan pesawat ini juga tidak mudah dan butuh keahlian khusus. Maka dari itu, pilot dengan lisensi MER biasanya memiliki gaji paling besar, posisi pekerjaannya juga tinggi. Lebih mudah juga bagi pilot MER untuk mendapatkan pekerjaan karena banyak maskapai yang lebih memilih pilot dengan lisensi ini.

Jumlah gaji dan tunjangan pilot lulusan sekolah penerbangan