Biaya-biaya dalam proses menjual perumahan baru di Palembang

  01 Sep 2018

Saat melakukan proses jual beli rumah maka anda beberapa jenis biaya yang harus dikeluarkan oleh pihak penjual maupun pembeli. Tetapi kebanyakan penjual maupun pembeli masih belum mengetahui biaya yang harus mereka keluarkan saat bertransaksi jual beli rumah baru. Terlebih proses jual beli perumahan termasuk di wilayah Palembang memang dilakukan dengan bantuan developer sehingga baik penjual maupun pembeli banyak yang belum mengetahui biaya-biaya dalam proses menjual perumahan baru di Palembang.

 

Biaya-Biaya yang Dikeluarkan Saat Menjual Perumahan Baru

  1. PPh
    Pajak penghasilan (PPh) merupakan salah satu jenis biaya yang harus dibayarkan oleh penjual dengan besaran PPh sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk PPh ini besarnya 5% dari harga jual transaksi perumahan baru. Misalnya saja anda menjual sebuah rumah dengan harga Rp. 1.000.000.000,- maka besarnya PPh yang harus anda bayarkan adalah sebesar Rp 50.000.000,-.
  2. Fee Broker
    Untuk besarnya fee broker dalam penjualan perumahan biasanya sebesar 2% dari harga rumah yang sudah disepakati oleh penjual dan pembeli. Biasanya fee broker ini bisa dibayarkan oleh penjual maupun pembeli atau bisa juga dibagi rata. Misalnya saja untuk fee broker sebesar Rp 10.000.000 maka masing-masing penjual dan pembeli akan membayar sebesar Rp 5.000.000,-.
  3. Pengecekan Sertifikat
    Sebelum transaksi jual beli perumahan dilakukan maka perlu dilakukan pengecekan sertifikat untuk mengetahui tidak adanya catatan sita, catatan blokir dan jenis catatan lainnya. Biasanya proses pengecekan sertfiikat ini dilakukan oleh kantor pertanahan setempat dengan besarnya biaya sesuai dengan kebijakan dari pihak kantor tersebut. Biasa pengecekan sertfikat bisa ditanggung oleh penjual atau pembeli atau bisa juga dibagi rata.

Sedangkan untuk pembeli harus mempersiapkan sejumlah biaya saat membeli perumahan baru diantaranya seperti biaya BPHTB, PPN, PPnBM, Biaya AJB, BBN, PNBP, Biaya notaris serta biaya asuransi. Untuk itulah saat melakukan proses jual beli perumahan baru sebaiknya persiapkan dana yang cukup sehingga memudahkan dan melancarkan proses transaksi.

Demikianlah penjelasan mengenai biaya-biaya yang harus dikeluarkan saat menjual perumahan baru yang perlu anda ketahui. Melalui penjelasan di atas kini anda bisa mengetahui bahwa proses jual beli perumahan baru memang tidak semudah yang dibayangkan sebab ada beberapa persyaratan dan biaya yang harus di tanggung oleh penjual maupun pembeli.

Beli perumahan lelang di Palembang