Apa Saja Manfaat Akuntansi Manajemen?

Apa Saja Manfaat Akuntansi Manajemen?

  16 Jul 2018

Dalam manajemennya, perusahaan pasti akan menghadapi berbagai masalah. Diantaranya yaitu pemborosan dan aktivitas bisnis yang tidak memberi nilai manfaat yang tidak dapat menghasilkan keuntungan maksimal. Untuk mengatasi masalah ini, manajemen perusahaan perlu mendapatkan sistem pelaporan yang efektif dan memadai. Jadi masalah yang terjadi memungkinkan untuk segera diselesaikan. Ini termasuk sebagai bentuk kontrol perusahaan

Sebelum melaksanakan kontrol, manajemen perusahaan perlu membuat perencanaan kegiatan bisnis perusahaan. Agar berbagai kegiatan perusahaan dapat terjadi secara efektif dalam waktu dan biaya dalam menghasilkan produk dan jasa. Fungsi efektifitas adalah membuat perusahaan memiliki daya saing di dunia bisnis. Oleh karena itu, manajemen perusahaan perlu mendapatkan informasi yang mencerminkan konsumsi sumber daya ekonominya. Akuntansi manajemen adalah sistem yang tepat untuk itu karena dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan manajemen perusahaan dalam perencanaan dan pengendalian kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Akuntansi manajemen adalah proses pemrosesan transaksi keuangan, mengidentifikasi, mengukur, menganalisis dan menyajikannya dalam bentuk informasi yang digunakan oleh manajemen perusahaan dalam perencanaan, pengendalian, kegiatan evaluasi dan untuk memastikan efektivitas kegiatan bisnis dalam penggunaan sumber daya ekonomi dari perusahaan dan akuntabilitas.

Manfaat akuntansi manajemen untuk manajer perusahaan adalah sebagai berikut:

Membantu dalam persiapan perencanaan yang efektif

Manfaat akuntansi manajemen kunci bagi manajer adalah membantu dalam merencanakan program bisnis perusahaan. Rencana ini juga disebut sebagai penganggaran. Karena di setiap program bisnis pasti membutuhkan perkiraan dana yang dibutuhkan agar aktivitas berjalan dengan baik dan lancar. Jadi setiap rencana program bisnis dibuat harus disertakan bersama dengan perkiraan anggarannya. Umumnya anggaran diatur untuk periode tahunan. Namun, periode anggaran mungkin berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lain karena tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

Membantu proses supervisi dan kontrol

Membantu proses pengawasan dan kontrol atas kemungkinan penyimpangan perencanaan. Dalam pengelolaan bisnis, ketidakberesan dapat terjadi, seperti operasi yang tidak standar, pengeluaran bisnis di luar anggaran, kesalahan prosedural, dan sebagainya. Hal-hal tersebut dapat menyebabkan kegiatan bisnis yang tidak terdistorsi dan menyebabkan kerugian material. Oleh karena itu perlu adanya proses pengawasan dan kontrol untuk mencegah hal itu terjadi. Atau jika sudah ada penyimpangan, maka task manager dapat mengendalikan situasi agar tidak merugikan perusahaan secara terus menerus. Di situlah manfaat akuntansi manajemen yang menyediakan suatu sistem informasi untuk mengatasi masalah ketidakberesan yang mungkin terjadi di perusahaan.

Manfaat dari pembukuan keuangan Jasa akuntansi?